Warung Bebas

Jumat, 23 September 2011

Benarkah Core i3 tidak Support Windows XP..?


Assalamualaikum sobat Blogger,

Mungkin prosesor ini sudah tidak asing lagi buat sobat, Core-i3 adalah pengembangan dari Core 2 duo ataupun Core 2 Quad yang memang sudah banyak digunakan oleh para sobat tentunya.
Core i3 diluncurkan oleh intel corp pada kuartal pertama 2010,dan memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Core i3 memiliki 4 inti processor
    - yang artinya bisa mengerjakan 4 kerja komputer sekaligus dengan kata lain dengan menggunakan Core i3 sama dengan menggunakan 4 komputer dalam satu mesin.atau bisa disebut dengan Dual core hyper threading.
  • Teknologi Turbo Boost
    -
    untuk meningkatkan kerja komputer tanpa perlu menggunakan Over clock.
  • Penggunaan Listrik jadi lebih hemat- karena Processor ini secara otomatis menggunakan watt yang lebih sedikit dibandingkan processor sebelumnya dan mengatur penggunaan energi untuk komputer sehingga lebih hemat listrik.
  • Unified cache yang besar 4MB
Setidaknya diatas adalah sekilas tentang keunggulan Core i3,namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang keunggulannya saja.
Tulisan diatas merupakan perbandingan saya atas kekecewaan saya,karena dalam pengalaman saya kemarin saya mempertanyakan kenapa prosesesor sehebat itu tidak support windows xp?
awalnya saya menginstal Laptop teman saya Dell inspiron 14R N4010 Core i3,yang saya tau Laptop yang hanya support Windows 7 bisa Support dengan windows Xp dengan cara :
  1. Mengganti sata modenya dari mode AHCI ke ATA/IDE
  2. Dengan Remastering Windows dengan cara memasukkan sata raid kedalam instaler windows xp.
- Awalnya saya memakai cara No.1 dengan mengubah Sata Modenya,setelah instalasi berhasil awalnya masih normal.namun ada yang aneh icon Baterai meternya missing,saya gunakan banyak cara agar iconnya bisa keluar,namun sia-sia bikin cape aja,huh..

- Beberapa menit kemudian komputer menjadi hank,saat saya mengekstrak file butuh waktu yang lama sekali dan kemudian saya restart komputernya.
dan apa yang terjadi,masih di awal tampilan welcome screen loading nya lama sekali bisa sampai 20x putaran loading baru bisa masuk .huhh... padahal belum ada program yang saya instal.

- Kemudian saya utak-atik registrynya kemudian saya restart lagi,putarannya berubah jadi 15x, saya fikir windows crash,karena normalnya butuh 2x putaran loading untuk OS yang baru saja diinstal ulang.

- saya instal ulang lagi dengan cara ke-2 ,dengan membuat cd instaler. setelah instal ulang selesai,hasilnya sama saja.saya fikir ini kerjaan virus,tapi partisinya semua sudah saya format hanya C saja.

- penasaran iseng googling dengan keyword "Core i3 lemot",nah saya baru tau banyak artikel yang memposting tidak supportnya Core i3 dengan Windows Xp.(pantesan)..
dan akhirnya saya instal Windows 7,dan semua fitur bekerja dengan baik,sangat cepat gak pake lemot lagi.

Nah sekedar sharing,apakah sobat pernah mengalami hal seperti saya?
Bila Prosesor sobat Core i3 dengan OS windows Xp dan berjalan dengan stabil,mohon berkomentar,berbagi disini triknya.
yang menjadi masalah disini apakah laptopnya yang bermasalah ataukah prosesornya,sebenarnya masih menjadi tanda tanya bagi saya.
Untuk sobat yang memiliki Core i3 saya hanya sarankan untuk instal Windows 7 saja,dan coba difikir dulu bila ingin menginstal windows xp.


thanks

0 komentar em “Benarkah Core i3 tidak Support Windows XP..?”

Posting Komentar

 

info 8811 Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger